Talk Show IBA (Indonesia Blog Academy)

My special thanks to Blogger and Visitors. If You like this, please help us to share:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon
Bookmark and Share


Kemarin siang atau tepatnya hari Sabtu kira-kira jam 13.30 wib, saya mendapati sebuah sms dari Febtian, teman sekelas di kampus. Dia mengatakan bahwa “Jo jam 2 kurang mu ke Amikom, dapat undangan launching IBA”. Nah, pas ngebaca tuh sms, saya pikir dia mau menitip absen, biasalah hal seperti itu dikalangan mahasiswa Amikom, soalnya hari itu juga ada kuliah Jarkom jam 14.30 wib. Karena salah paham, jadi saya ngebalesnya kayak gini, “ Ya Tian, ntar ku absenin, kamu mau ikut launching IBA ya?”. Nggak berapa lama kemudian, dia pun ngebales smsnya yang maksudnya bahwa dia ngajakin saya ikutan talk show IBA. Tanpa pikir panjang, sayapun langsung mengiyakan ajakan tersebut. Gila aja Bro, acara penting kayak gitu ditolak, soalnya buat ikutan IBAnya aja bayar 500 ribu rupiah, mumpung gratis dan meskipun hanya talk show tetap aja menarik.



Talk show iba dimaksudkan untuk mengenalkan dunia blog pada peserta iba, dan mengajarkan strategi-strategi apa saja yang membuat sebuah blog itu hidup dan menghasilkan dolar. Acara tersebut dihadiri oleh Enda Nasution (Bapak Bloger Indonesia),Prof.DR. M.Suyanto, M.M (Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta), serta dihadiri juga oleh Wawan Pogung (3rd Winner SEO International) dan Isnaini (isnaini.com Master Design). Wah betapa senangnya bisa ikutan acara tersebut, apalagi ada orang-orang penting seperti mereka, hmm… amazing. Talk show iba diadakan di ruangan Citra STMIK AMIKOM Yogyakarta. Ketika memasuki ruangan tersebut, terlihat banyak sekali para peserta yang telah menunggu untuk mengikuti acara tersebut. Para pesertanya tidak hanya mahasiswa, bahkan dosen, bapak-bapak, ibu-ibu yang telah bekerjapun ikut menghadirinya.


Tak lama kemudian acarapun dimulai, dengan dibuka secara langsung oleh Bpk. M. Suyanto. Ketika talk show berlangsung, ada beberapa point yang menarik perhatian, diantaranya yaitu:

1.Kenapa Enda Nasution disebut sebagai Bapak Bloger Indonesia?
Jawaban dari Enda seperti ini:
ketika itu th 2001, kami para bloger Indonesia membentuk sebuah forum yang masih beranggotakan 7 orang. Di sana kami berbagi informasi seputar blog dan topik-topik yang akan dibahas mengenai dunia blog Indonesia. Ketika itu, untuk membuat sebuah blog di perlukan sedikit pemahaman terhadap bahasa html dan yang jelas juga harus sering-sering ke warnet untuk posting artikel”.

Pada saat itu dapat dibayangkan bahwa akses internet di Indonesia masih jarang dan terbilang mahal. Dan beberapa tahun kemudian, saya lupa tepatnya tahun berapa, ketika dunia blog mulai diminati dan para bloger sudah terbilang banyak, mereka mengadakan pertemuan. Endapun diangkat sebagai Bapak Bloger Indonesia pada saat tersebut, dan pertemuan terakhir kemarin th 2008 di Jakarta, bloger di Indonesia mencapai angka 600 ribu orang, peningkatan yang luar biasa “ dan diharapkan pada pertemuan berikutnya bisa mencapai 1 juta orang”, gubrisnya.


Tidak mudah bagi Enda menyandang gelar sebagai Bapak Blogger Indonesia, karena hampir setiap saat dia mendapati pengaduan dari para blogger, mulai dari masalah pribadi yang jelas-jelas tidak dimengerti olehnya sampai masalah-masalah social lainnya, sehingga menjadi kelucuan tersendiri baginya.


2.IBA “Menjadikan Blog Lebih Hidup”
Maksud dari pernyataan tersebut adalah, dengan mengkuti IBA kita akan mendapatkan pengetahuan mengenai cara-cara untuk mendesign, memilah-milah content, serta teknik SEO dari para tutor. Sehingga kedepannya blog tersebut bukan hanya sebagai ungkapan hati, tapi dapat dijadikan sebagai partner bisnis.


3.Blog adalah lahan penghasilan yang sangat subur,
Di mana dengan membuat blog, berarti kita telah menabung untuk ke depannya. Karena berbagai hal dapat dilakukan untuk memperoleh hal-hal yang menguntungkan, mulai dari pengetahuan sampai mendapatkan dolar-dolar yang banyak. Dengan demikian, berarti secara tidak langsung kita telah mengurangi beban pemerintah untuk mengatasi jumlah pengangguran di Negara ini.

Dapat disimpulkan dari point-point di atas bahwa, Kita Harus Membuat Blogg...., ayo teman...!!!!
Tak lama kemudian setelah perbincangan dengan para narasumber selesai, sesi tanya jawabpun dimulai. Kesempatan tersebut tidak saya lewatkan begitu saja, meskipun dalam keadaan gugup dengan kaki yang gemetaran, saya berusaha stay cool untuk melontarkan sebuah pertanyaan ke pada Bpk Blogger Indonesia.

Pertannyaan saya begini:
Seperti yang kita ketahui, untuk masuk dalam halaman 1 sebuah search engine, tentu kita harus mempunyai back links. Bagaimana caranya untuk mendapatkan back links tersebut, apakah harus mendaftar di sebuah situs atau ada cara yang lebih gampang?”.
Bapak Blogger Indonesia menjawab:
memang back links sangat diperlukan untuk meningkatkan traffic blog, untuk mendapatkan back links kita tidak harus mendaftar di situs-situs, tapi dengan ikut aktif dalam forum-forum dan memberikan komentar di blogs yang mempunyai traffic yang tinggi, melalui cara tersebut kita dapat mempromosikan blog kita ke pada orang, dan untuk lebih jelasnya akan diajarkan di IBA”.

Nah kalimat terakhir itu-tuh yang membuat saya kurang semangat, berarti saya harus mendaftar dong, waduh... mana mahal lagi. Tapi, Alhamdulillah sedikit banyak ilmu telah saya serap ketika talk show tersebut. Dan saya sangat berterima kasih ke pada Febtian and his girl friend invited me to follow the talk show of IBA.
Wah yang lebih menyenangkan lagi, saya berfoto dengan Bapak Blogger Indonesia dan Mas Isnaini, hehehehehhee….. duh, capek nih, dah dulu ya… Good Night.



Comments :

4 comments to “Talk Show IBA (Indonesia Blog Academy)”
Anonymous said...
on 

IBA diadakan kapan? dan bisa diikuti ngak oleh orang luar amikom?

joe said...
on 

bisa, slhkan dtang langsung ke amikom. pendftaran di gedng 1. cpetan, soalnya gel 1 udh hbs, tgl 2 dan 3, itupn udh mlai diisi.

Kharisma's Blog said...
on 

wih.. liat dunk fotonya..
minta juga ntyar tinggal edit di photoshop jadi joe nya ganti aku deh

jo said...
on 

#chend
boleh, ditunggu aja. ntr kuposting

Post a Comment

 

Tolearnfree Tags

Translator

Follow

The Directories of Tolearnfree